Minggu, 31 Mei 2015

Teks Negosiasi Membeli Kerudung



Membeli Kerudung
       Siang itu dipasar Klewer, seperti biasa terjadi kegiatan jual beli. Anton yang sedang di berekreasi ingin membelikan oleh-oleh untuk ibunya. Dia ingin membelikan kerudung. Terjadilah tawar menawar antara Anton dan penjual kerudung di pasar tersebut.
Penjual: Selamat siang.
Anton: Selamat siang.
Penjual: Mau beli apa mas?
Anton: Ini mbak mau beli kerudung untuk ibu saya.
Penjual: Yang modelnya bagaimana?
Anton: Yang biasa saja mbak.
Penjual: Silahkan mas pilih, banyak pilihannya!
Anton: Saya suka yangt hijau mbak, kalau dilihat segar.
Penjual: Iya mas, cocok kalau dipakai ibu mas.
Anton: Ini berapa mbak?
Penjual: Rp 50.000,-
Anton: Wah, kok mahal mbak? Rp 30.000,- tidak boleh?
Penjual: Tidak boleh mas, itu bahannya bagus soalnya.
Anton: Tidak bisa kurang mbak?
Penjual: Rp 45.000,- boleh mas.
Anton: Rp 40.000,- ya mbak? Ini untuk oleh-oleh ibu saya.
Penjual: Benar-benar tidak boleh mas. Nanti toko saya bisa bangkrut.
Anton: Ya sudah mbak Rp 45.000,- saya ambil ini.
Penjual: Mau beli apa lagi mas?
Anton:  Itu saja mbak, ini uangnya mbak.
Penjual: Uangnya Rp 50.000,- kembali Rp 5.000,- Terima kasih.
Anton: Iya mbak, sama-sama. Saya pergi dulu, bye.
Penjual: bye
       Anton pun mendapatkan kerudung tersebut seharga Rp 45.000,- dan dia pun segera pergi dari toko.



by: Rusman Efendi
SMAN 1 LUBUK ALUNG SEKOLAH UNGGUL
Jimplak dan edit posting blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar